Selasa, 27 November 2018

Pemilihan Media (MPF)


Pemilihan Media
Bagan arus, abagn alir, bagan pohon dan bagan campuran dalam hal ini menunjukkan menjelaskan cara memilih  media
Pemilihan media terbagi menjadi 5 macam, yaitu :
1.      Metode
2.      Karakteristik Siswa (Analyze Learners)
3.      Keterampilan guru
4.      Fasilitas (Ruang, cahaya)
5.      Hambatan
Adapun jenis lainnya yakni mata pelajaran kebutuhan pelajar, jenis, tugas (tujuan), populasi target.

ASSURE MODEL (urutan perencanaan penggunaan media)

Karakteristik siswa
1.      Karakteristik
Jumlah , tingkat kelas, jenis, umur siswa
2.      Sosial Ekonomi, budaya
Tingkatan ekonomi
Kompetensi Khusus
1.      Kemampuan dan pengetahuan mengolah atau mengoperasikan , dibutuhkan
Gaya belajar
1.      Kelemahan dan kelebihan siswa
(Audio,visual, kinestetik)
2.      Kecenderungan pendekatan siswa
3.      Pengaruh motivasi
Kebiasaan, Motivasi untuk berprestasi
4.      Faktor Psikologi

2.      Tujuan Pembelajaran
a.       Kognitif (PPT)
b.      Afektif(Video)
c.       Psikomotorik (alat peraga, 3 dimensi)

Apa yang harus dilakukan siswa
a.       Audience
b.      Behaviour
c.       Conditioning
d.      Degree
Klasifikasi Tujuan Pembelajaran
1.      Kognitif
2.      Afektif
3.      Psikomotor
4.      Interpersonal (berinteraksi dengan orang lain )
5.      Intrapersonal (mengenal diri sendiri)
Perbedaaan individu
1.      Memilih individu , media dan bahan-bahan lainnya seperti PPT dimodifikasi
2.      Design yang bagus

Membuat Daftar kata sulit tidak familiar
1.      Media harus sesuai dengan standar kebutuhan siswa
2.      Kita harus mempertimbangkan keseluruhan situasi belajar
3.      Sesuai dengan tujuan pembelajaran
4.      Harus sesuai dengan kemampuan dan gaya belajar siswa
5.      Harus dipilih secara obyektif
6.      Tidak ada 1 media yang cocok untuj semua tempat,jam ,dan sebagainya
7.      Apakah sesuai kurikulum
8.      Keakurakatan (akurat) , arus (kekinian)
9.      Bahasa jelas dan konsisten
10.  Membangkitkan motivasi dan meningkatkan ketertarikan
11.  Media menyediakan partisipasi para siswa
12.  Bermutu
13.  Terbukti efektif
3.      Cara menggunakan media
1.      Pratinjau (pendahuluan) materi
Jangan pernah ada menggunakan apapun sebelum dicek
2.      Mempersiapkan materi
Yakinkan semua sudah sesuai
3.      Lingkungan
Tempat duduk, jumlah, dan sebagainya
4.      Siswa disiapkan
Pendahuluan
Manfaat belajar
Beritahu dan dinilai

3.      Menyediakan Pengalaman siswa
Belajar mengajar seharusnya dialami / dilakukan bukan suatu persetujuan / tidak

Tipe kelas terbagi dua, yaitu :
Kecil dan besar
Presentasi teknologi
Kesempatan praktk

Audio Keterampilan Kemampuan dan keterampilan
Persiapan berupa : Rencana, ulang dan menyusun
Presentasi berupa : Bosan / tidak bosan, cara penyampaian, suara, kontak mata, tubuh, dan visual.

Membutuhkan partisipasi siswa
1.      Satu Kondisi untuk mempertahankan tujuan adalah latihan dan partisipasi
2.      Pembelajarb adalah aktif , mental, bukan fisik
3.      Respon

5.      Penilaian dan diperbaharui
a.       Tujuan
1.      Fakta
2.      Visual
3.      Konsep
4.      Prosedur
5.      Psikomotor
6.      Sikap
Jenis media
1.      Gambar diam
2.      Hidip
3.      Televise
4.      Objek 3D
5.      Rekaman audio
6.      Programmed instruktur
7.      Demonstrasi
8.      Buku Teks



Tidak ada komentar: