Pemilihan Media
Bagan arus, abagn alir, bagan pohon dan bagan
campuran dalam hal ini menunjukkan menjelaskan cara memilih media
Pemilihan media terbagi menjadi 5 macam, yaitu :
1. Metode
2. Karakteristik
Siswa (Analyze Learners)
3. Keterampilan
guru
4. Fasilitas
(Ruang, cahaya)
5. Hambatan
Adapun jenis lainnya yakni mata pelajaran kebutuhan
pelajar, jenis, tugas (tujuan), populasi target.
ASSURE MODEL (urutan perencanaan penggunaan media)
Karakteristik siswa
1. Karakteristik
Jumlah , tingkat kelas, jenis, umur
siswa
2. Sosial
Ekonomi, budaya
Tingkatan ekonomi
Kompetensi Khusus
1. Kemampuan
dan pengetahuan mengolah atau mengoperasikan , dibutuhkan
Gaya belajar
1. Kelemahan
dan kelebihan siswa
(Audio,visual, kinestetik)
2. Kecenderungan
pendekatan siswa
3. Pengaruh
motivasi
Kebiasaan, Motivasi untuk
berprestasi
4. Faktor
Psikologi
2. Tujuan
Pembelajaran
a. Kognitif
(PPT)
b. Afektif(Video)
c. Psikomotorik
(alat peraga, 3 dimensi)
Apa
yang harus dilakukan siswa
a. Audience
b. Behaviour
c. Conditioning
d. Degree
Klasifikasi Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
2. Afektif
3. Psikomotor
4. Interpersonal
(berinteraksi dengan orang lain )
5. Intrapersonal
(mengenal diri sendiri)
Perbedaaan individu
1. Memilih
individu , media dan bahan-bahan lainnya seperti PPT dimodifikasi
2. Design
yang bagus
Membuat Daftar kata sulit tidak
familiar
1. Media
harus sesuai dengan standar kebutuhan siswa
2. Kita
harus mempertimbangkan keseluruhan situasi belajar
3. Sesuai
dengan tujuan pembelajaran
4. Harus
sesuai dengan kemampuan dan gaya belajar siswa
5. Harus
dipilih secara obyektif
6. Tidak
ada 1 media yang cocok untuj semua tempat,jam ,dan sebagainya
7. Apakah
sesuai kurikulum
8. Keakurakatan
(akurat) , arus (kekinian)
9. Bahasa
jelas dan konsisten
10. Membangkitkan
motivasi dan meningkatkan ketertarikan
11. Media
menyediakan partisipasi para siswa
12. Bermutu
13. Terbukti
efektif
3. Cara
menggunakan media
1. Pratinjau
(pendahuluan) materi
Jangan
pernah ada menggunakan apapun sebelum dicek
2. Mempersiapkan
materi
Yakinkan
semua sudah sesuai
3. Lingkungan
Tempat
duduk, jumlah, dan sebagainya
4. Siswa
disiapkan
Pendahuluan
Manfaat
belajar
Beritahu
dan dinilai
3. Menyediakan
Pengalaman siswa
Belajar mengajar seharusnya dialami
/ dilakukan bukan suatu persetujuan / tidak
Tipe kelas terbagi dua, yaitu :
Kecil dan besar
Presentasi teknologi
Kesempatan praktk
Audio Keterampilan Kemampuan dan
keterampilan
Persiapan berupa : Rencana, ulang
dan menyusun
Presentasi berupa : Bosan / tidak
bosan, cara penyampaian, suara, kontak mata, tubuh, dan visual.
Membutuhkan partisipasi siswa
1. Satu
Kondisi untuk mempertahankan tujuan adalah latihan dan partisipasi
2. Pembelajarb
adalah aktif , mental, bukan fisik
3. Respon
5. Penilaian
dan diperbaharui
a. Tujuan
1. Fakta
2. Visual
3. Konsep
4. Prosedur
5. Psikomotor
6. Sikap
Jenis media
1. Gambar
diam
2. Hidip
3. Televise
4. Objek
3D
5. Rekaman
audio
6. Programmed
instruktur
7. Demonstrasi
8. Buku
Teks
Tidak ada komentar:
Posting Komentar